Friday 15 May 2015

7 Makanan Paling Berbahaya untuk Bayi

Menjadi ibu yang peduli, penuh kasih, dan sukses, tidak begitu mudah seperti yang kita pikirkan. Terutama jika Anda adalah seorang ibu baru dan memiliki bayi pertama kali. Sebab, Anda tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang itu. Salah satu masalah yang dapat Anda hadapi sebagai seorang ibu muda adalah tentang makanan yang berbahaya bagi bayi Anda. Risiko terbesar yang dapat disebabkan oleh beberapa makanan misalnya bahaya tersedak dan reaksi alergi.



Hal ini mengapa dokter merekomendasikan untuk menghindari memberikan makanan padat kepada bayi Anda sampai mereka berusia 6 bulan. Sangat sering beberapa orang tua tidak bisa menahan godaan mereka untuk memberi makan dengan makanan yang sama seperti yang mereka makan. Anda harus bersabar, tunggu sebentar sampai Anda mengetahui makanan yang sehat dan aman. Berikut daftar makanan berbahaya bagi anak-anak akan membantu mencegah anak Anda dari penyakit yang tidak diinginkan:
1. Susu Sapi
Penting untuk diingat bahwa Anda tidak harus memberikan susu sapi pada bayi di bawah 1 tahun. ASI adalah pilihan terbaik untuk si kecil. Ada beberapa alasan yang pasti mengapa anak sebaiknya tidak mengonsumsi susu sapi. Sebagai contoh, dapat menyebabkan kekurangan zat besi, sebab jumlah elemen ini dalam susu sapi sangat sedikit. Selain itu, susu sapi tidak kaya Vitamin C, E dan seng. Proses penyerapannya sangat sulit. Susu sapi tidak dianjurkan untuk anak-anak kecil karena mereka mungkin mengalami beberapa masalah pencernaan. Tentu saja, susu sapi sangat sehat untuk orang dewasa tapi untuk bayi tidak aman. Selain itu dapat memperburuk ginjal anak Anda.
2. Kacang-kacangan
Hal yang harus Anda ingat adalah bahwa semua jenis kacang dilarang untuk anak-anak Anda hingga mereka berusia di atas 4 tahun. Alasan utama adalah ancaman tersedak. Tapi bukan hanya kacang yang berbahaya, selai kacang juga bisa, karena teksturnya tebal. Anda tahu bahwa saat ini sejumlah besar orang memiliki alergi dari berbagai jenis. Bayi Anda tidak terkecuali. Ketika Anda memberikan kacang untuk anak-anak Anda, Anda mungkin bisa membuat mereka alergi. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memberi kacang pada anak.
3. Ikan
Ada satu makanan yang kebanyakan takut diberikan orang tua kepada bayinya, yakni ikan. Mengapa tidak aman? Beberapa alasan yakni, karena ikan mengandung merkuri. Anda harus lebih berhati-hati dengan jenis seperti ikan King Marcel dan ikan pedang. Kandungan merkurinya sangat tinggi. Selain itu, bukan rahasia lagi bahwa alergi bisa disebabkan oleh ikan yang berbeda-beda. Itulah mengapa Anda sebaiknya menunggu sampai anak-anak Anda berusia 2-3 tahun dan setelah itu berikan ikan pada mereka.

4. Telur
Mungkin, itu akan menjadi kejutan bagi Anda, tetapi telur juga bisa tidak aman bagi kesehatan anak-anak Anda. Semua ibu muda harus ingat bahwa bayi biasanya alergi terhadap telur. Tapi jangan kecewa. Biasanya ketika anak-anak makin besar, alerginya juga akan berkuranh. Pada usia 5 tahun anak-anak Anda bisa makan telur tanpa risiko terhadap kesehatan mereka. Ada beberapa gejala alergi yang disebabkan oleh telur, yang setiap ibu harus tahu, misalnya detak jantung yang cepat, masalah kulit, dan masalah pernapasan. Namun demikian, sebaiknya Anda tidak mengandalkan hanya pada pengalaman dan intuisi. Lebih baik ke dokter.
5. Makanan yang dapat membuat bayi tersedak
Semua orang tahu bahwa buah-buahan dan sayuran segar memiliki sejumlah besar vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Tapi ini cocok hanya untuk orang dewasa. Jika Anda memberikan sayuran mentah untuk anak-anak, Anda dapat membahayakan mereka. Pertama, buah-buahan dan sayuran yang keras, sulit dikunyah bayi. Kedua, makanan ini berbahaya karena anak-anak berrisiko tersedak. Sebaiknya makanan bagi anak tetap dipotong-potong kecil.
6. Madu
Banyak manfaat madu yang tak terbantahkan. Tubuh kita bisa mendapatkan banyak vitamin dan nutrisi ketika kita mengkonsumsi madu. Bahkan anak-anak kecil tahu bahwa madu adalah obat pertama untuk sakit tenggorokan. Tetapi lebih baik menghapus produk seperti madu dari daftar makanan bayi sampai minimal anak berusia satu tahun. Mengapa madu sangat berbahaya bagi anak-anak? Hal yang paling mengerikan adalah ancaman berkembangnya botulisme akibat bakteri yang hanya ditemukan pada madu. Ini tidak berarti bahwa setiap bayi yang makan madu akan mendapatkan penyakit ini, tapi masih kemungkinan besar. Tapi jika Anda begitu bersemangat untuk memberi makan anak-anak Anda dengan madu, Anda dapat memberi mereka makanan yang mengandung madu. Ini tidak akan berbahaya karena madu telah sudah dipanaskan pada suhu tinggi.
7. Minuman Mengandung Kafein
Tanpa kafein, tubuh kita dapat berfungsi dengan baik. Kafein tidak mempengaruhi gaya hidup sehat dan kesehatan kita. Yang pasti, ada efek samping jika bayi minum apa pun yang mengandung kafein, misalnya mual, rewel, dan mungkin insomnia. Penting berkonsultasi dengan dokter anak sebelum mulai memberi makanan padat. Seorang dokter akan menjelaskan pada semua rincian yang tidak diketahui sebelumnya. Anda pasti akan tahu mana makanan yang bermanfaat dan yang harus dihindari.

1 comment: