Wednesday 26 March 2014

Nyeri Punggung Saat Hamil? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Kehamilan merupakan momen yang membahagiakan bagi sebagian besar perempuan. Namun tidak jarang selama kehamilan berlangsung terdapat berbagai macam keluhan yang disampaikan ibu hamil, salah satunya adalah keluhan sakit punggung. Apa sebab sakit punggung saat hamil dan bagaimana mengatasinya?

Dikutip dari Web MD, Rabu (26/3/2014), sakit punggung pada saat hamil bisa jadi pertanda bagus, yakni bahwa janin dalam rahim sedang tumbuh. Semakin janin bertambah besar, maka beban pada punggung juga makin besar. Nah, umumnya, para ibu hamil di paruh kedua kehamilannyalah yang sering menyampaikan keluhan sakit punggung.

Sakit punggung saat kehamilan biasanya terjadi ketika panggul bertemu dengan tulang belakang, yakni di sendi sacroiliac. Ada banyak kemungkinan mengapa sakit punggung pada ibu hamil bisa terjadi. Berikut adalah beberapa penyebabnya:



1. Bertambahnya Berat Badan
Selama kehamilan, umumnya perempuan bertambah berat badannya antara 11 hingga 15 kg. Akibat berat badan yang bertambah, maka beban tulang belakang juga bertambah sehingga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Berat janin dan rahim yang bertambah juga membuat tekanan pada pembuluh darah dan saraf di panggul dan punggung.

2. Perubahan Postur
Kehamilan membuat pusat gravitasi pada ibu hamil berubah ke arah depan, seiring dengan perut yang semakin membuncit. Hal ini menyebabkan postur tubuh berubah. Akibatnya adalah nyeri atau ketegangan di punggung.

3. Perubahan hormon
Selama kehamilan, tubuh memproduksi hormon relaksin yang membuat memungkinkan ligamen di daerah panggul untuk bersantai dan sendi menjadi lebih longgar. Ini merupakan persiapan proses kelahiran. Hormon ini juga bisa menyebabkan ligamen yang mendukung tulang belakang jadi lebih longgar, sehingga menyebabkan ketidakstabilan dan munculnya rasa nyeri.

4. Pemisahan pada Otot
Karena rahim membesar, dua otot paralel (otot abdominis dubur) yang berjalan dari tulang rusuk ke tulang kemaluan, dapat memisah. Pemisahan ini dapat memperburuk sakit punggung.

5. Stres
Kondisi emosional dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung. Inilah yang kemudian dirasakan sebagai nyeri punggung. Bisa jadi saat ibu hamil stres, dia merasakan peningkatan rasa sakit di punggungnya.
====================================

Jika Anda punya sakit punggung kronis yang dirasakan sebelum hamil, rasa sakit itu akan berkurang secara bertahap sebelum Anda melahirkan. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa meringankan keluhan nyeri punggung pada saat hamil:

1. Olahraga
Olahraga teratur bisa memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot. Aktivitas itu juga bisa mengurangi stres pada tulang belakang Anda. Jenis olahraga yang aman untuk kebanyakan perempuan hamil yakni jalan kaki, berenang, dan bersepeda statis. Dokter atau ahli terapi fisik dapat merekomendasikan jenis latihan lainnya untuk memperkuat punggung dan perut.

2. Kompres Panas dan Dingin
Kompres panas dan dingin di punggung juga bisa meringankan nyeri yang Anda alami. Caranya adalah letakkan kompres dingin, seperti handuk berisi es atau sayuran beku, lalu tempelkan di daerah yang sakit selama 20 menit. Lakukan beberapa kali dalam sehari. Setelah melakukan kompres semacam itu 2-3 hari, beralihlah ke kompres panas. Caranya adalah dengan menempelkan bantal pemanas atau botol berisi air panas di daerah yang sakit.

3. Memperbaiki Postur
Membungkuk membuat tulang belakang Anda menjadi tegang. Karena itu jagalah postur tubuh yang tepat saat bekerja, duduk, atau tidur. Misalnya, tidurlah miring dengan meletakkan bantal di antara lutut. Hal ini akan mengurangi stres di punggung Anda. Ketika duduk, Anda juga bisa menaruh handuk yang digulung di belakang punggung agar bisa memberi dukungan pada punggung. Selain itu ada baiknya juga mengistirahatkan kaki dengan menempatkan kedua kaki Anda di setumpuk buku atau bangku dan duduklah dengan tegak.

 4. Konsultasi
Jika sakit punggung terkait dengan stres, berbicaralah dengan teman yang dipercaya atau berkonsultasi dengan ahli yang dapat membantu.

5. Akupunktur
Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur efektif mengurangi nyeri punggung bagian bawah selama kehamilan. Sebelum melakukannya, konsultasikan dulu dengan dokter Anda.
=====================================================

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah sakit punggung saat hamil. Beberapa hal yang bisa diterapkan antara lain seperti yang dikutip dari NHS berikut ini:

1. Hindari mengangkat benda yang berat.
2. Tekuk lutut dan menjaga punggung tetap lurus saat mengangkat atau mengambil sesuatu dari lantai.
3. Gunakan kaki ketika Anda ingin berbalik untuk menghindari tulang belakang memutar.
4. Memakai sepatu yang datar sehingga memungkinkan penyebaran beban berat badan Anda menjadi lebih merata.
5. Saat membawa tas belanjaan, upayakan seimbang dalam membawanya. Bagilah beban di kedua tangan.
6. Duduk dengan punggung lurus dan pastikan menggunakan dukungan punggung seperti bantal atau handuk yang digulung.
7. Pastikan Anda istirahat cukup.
8. Memijat punggung dengan lembut juga dapat membantu menghindari nyeri.

No comments:

Post a Comment