Karakteristik lidah masyarakat Indonesia yang memang
menyukai makanan pedas membuat produk-produk makanan pedas begitu laku di
pasaran. Produsen-produsen makanan pedas seperti sambal pun mulai banyak
bermunculan dan Surabaya menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan produk
sambalnya.
Saat melakukan roadshow ke Surabaya pada November 2014 lalu,
Tim Tokopedia juga sempat mengunjungi salah satu produsen sambal yang sudah
cukup dikenal di Surabaya, yakni Sambal Marin yang juga menjual produknya
melalui Tokopedia dengan nama toko Sambal Menggoda Shop. Tim Tokopedia pun sempat
berbincang-bincang dengan owner Sambal Menggoda Shop, Fendy Hariyono
Tanuwijaya, seputar pengalamannya dalam membangun bisnis ini.
Kepribadiannya yang aktif dan tidak bisa bekerja dengan
hanya menunggu perintah dari atasan, membuat pria yang akrab disapa Fendy ini
akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai karyawan dan mulai membangun bisnis sendiri.
“Beberapa kali saya menjalani profesi sebagai karyawan
kantoran, tapi tidak betah. Akhirnya saya putuskan untuk berwirausaha,
kebetulan orang tua saya juga seorang wirausaha,” papar pria 29 tahun ini.
Sebelum memproduksi Sambal Marin, ia sudah mulai untuk
mencoba bisnis lain, seperti bisnis makanan ringan kemasan, berjualan kue
hingga berjualan bubur. Sayangnya, semua usaha tersebut ternyata tidak berjalan
dengan lancar. Namun semangat Fendy untuk berwirausaha tidak berhenti sampai
disitu, ia terus mencoba untuk membangun usaha lain. Hingga pada Januari 2014
lalu, ia memutuskan untuk memulai bisnis Sambal Marin dan ternyata usahanya
bisa berkembang hingga bisa memproduksi lebih dari 800 botol sambal setiap
bulannya. Bahkan hingga saat ini, sudah ada 6 varian sambal yang berhasil ia
ciptakan antara lain Sambal Ikan Jambal Roti, Sambal Hijau Ikan Teri, Sambal
Ikan Asap, Sambal Bajak Terasi, Sambal Udang Germut dan Sambal Bawang.
Dalam menjalankan bisnis ini, yang menjadi fokus utama Fendy
ialah bagaimana cara agar konsumen mendapat kepuasan, baik dari segi kualitas
produk maupun pelayanan. Baginya, menjaga kualitas rasa, bersikap ramah dan
jujur kepada konsumen merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk membuat
konsumen puas dan loyal terhadap produknya. Berbagai promo pun sering ia
lakukan untuk menjaring lebih banyak pembeli.
“Konsumen adalah sahabat kita yang secara tidak langsung
membesarkan nama dan bisnis kita,” ungkapnya.
Walaupun bisnisnya baru genap berumur 1 tahun, namun Fendy
sudah memiliki rencana dan mimpi yang besar untuk Sambal Marin. Membuat Sambal
Marin mampu menembus pasar Asia merupakan salah satu mimpi besar yang ingin ia
capai.
“Persiapan saya kedepannya harus bisa berkompetisi dalam
menghadapi pasar bebas Asia dan bersaing dengan banyaknya produk-produk luar
yang akan mudah masuk dalam negeri”, jelasnya.
Berbagai cara pun sudah mulai ia lakukan untuk mencapai
mimpi besar tersebut, salah satu dengan memasarkan produknya melalui ranah
online, termasuk juga melalui Tokopedia. Menurutnya, pemasaran melalui online
merupakan cara yang paling efektif untuk membuat produknya bisa dikenal dan
menjangkau pasar yang lebih luas, bisa antar kota, provinsi bahkan antar
negara.
Wah semoga mimpi besar Fendy bisa segera tercapai yah,
Toppers. Semoga semangat dan mimpi besarnya juga bisa menginspirasi Toppers
untuk membangun bisnis sendiri. Nah untuk Toppers yang ingin mencoba langsung
aneka varian Sambal Marin, bisa langsung mengunjungi toko Sambal Menggoda Shop
di Tokopedia.
Sumber : https://blog.tokopedia.com
No comments:
Post a Comment