7 Cara Menjadi Manajer Sukses
Tugas dari seorang manajer adalah mengarahkan bawahan untuk
bisa bekerja dengan baik sesuai dengan kemampuannya. Disini kami akan
memberikan beberapa tips cara menjadi seorang manajer yang sukses, seperti
berikut ini.
- Harus memperhatikan
potensi anggota tim
Sebagai manajer, adalah tanggung jawab Anda untuk mengetahui
siapa yang akan menjadi pilihan terbaik dalam menjalankan suatu tugas tertentu.
Untuk memahami itu maka Anda harus memperhatikan potensi dan keterbatasan dari
masing-masing anggota tim Anda. Anda harus memperhatikan dengan detail perilaku
dari anggota tim Anda. Dengan begit
Setiap kali Anda sedang mengarahkan atau menyarankan anggota
tim untuk bekerja dengan cara tertentu atau mengikuti etika kerja tertentu,
Anda harus bisa menjadi role model untuk diri Anda. Misalnya, Anda tidak ingin
melihat anggota tim Anda sering terlambat masuk kerja atau menjalankan
tugasnya. Tentu mereka akan menghormati Anda sebagai pemimpin dan mengikuti semua
praktek-praktek yang Anda ajarkan kepada mereka. Hal ini bisa membangun
hubungan yang sehat dengan karyawan Anda.
- Harus
tahu bagaimana memotivasi tim
Sebagai manajer, Anda harus tahu bagaimana menarik tim
ketika ada tugas yang sulit. Adanya saling kerja sama dalam menyelesaikan tugas
yang sulit. Anda harus bisa memotivasi mereka untuk selalu semangat bekerja. Misalnya,
dengan memberikan reward sehingga mereka termotivasi untuk bekerja dengan baik.
- Menjaga
tim agar tetap kompak
Bila Anda memiliki banyak anggota, Anda harus tahu sifat
dari tim Anda. Sifat setiap tim kan berbeda-beda, ada yang ego, pemarah, dll
oleh karena itu Anda harus tahu masalah pribadi mereka. Ini adalah tanggung
jawab Anda untuk mengetahui bagaimana untuk menjaga tim agar selalu kompak.
Anda harus memahami karakter mereka masing-masing agar tidak terjadi konflik.
- Betanggung
jawab atas kesalahan yang dilakukan
Hanya karena Anda adalah manajer, itu tidak berarti bahwa
Anda sempurna. Dalam menjalankan tugas tak semuanya berjalan mulus sesuai
dengan keinginan, pasti Anda pernah berbuat kesalahan dalam mengambil sebuah
keputusan. Akuilah bila Anda pernah mengalami kesalahan dan bertanggung jawab
atas kesalahan yang Anda perbuat. Sikap ini pasti akan dilihat oleh bawahan
Anda dan menjadi inspirasi mereka untuk mengikuti sikap yang sudah Anda
lakukan.
- Harus
tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik
Sebagai manajer, Anda harus bisa menyampaikan pesan dengan
baik dan jelas untuk bawahan Anda. Dengan begitu pesan yang Anda sampaikan
sesuai dengan sasaran. Dan Anda harus belajar bagaimana bersikap tegas tanpa
kasar atau ofensif. Menghargai anggota tim jika ia melakukan pekerjaan yang
baik dan tahu bagaimana memberikan solusi saat tim mengalami kesulitan dalam
menjalankan tugasnya.
- Menerima
saran dan kritik dari karyawan
Sebagai seorang manajer, Anda harus bisa menerima kritik dan
saran dari karyawan tentang kinerja yang Anda lakukan ini. Ini tentunya bisa
membuat Anda menjadi seorang pemimpin yang lebih baik lagi.
No comments:
Post a Comment